Post-Image

Kelompok Linux Jember Gelar Lokakarya bertema LibreOffice

LibreOffice merupakan aplikasi perkantoran bersumber terbuka. Perangkat lunak ini digadang-gadang menjadi pesaing terberat Microsoft Office yang berlisensi berbayar. Dukungan komunitas di seluruh dunia, memungkinkan LibreOffice untuk mengalami pemutakhiran dengan sangat cepat setiap tahunnya. Dengan demikian memilih LibreOffice untuk digunakan dalam bidang akademik maupun bisnis, sangatlah bijak selain alasan bebas biaya yang ditawarkan LibreOffice.

Berbagai kenyamanan tersebut hendak dibagikan oleh Komunitas Linux Jember. Dengan semangat #LinuxItuMudah, komunitas yang baru lahir di bulan Oktober akhir ini mengadakan lokakarya LibreOffic yang bertajuk “LibreOffice: Seru dan Mengasyikkan” dengan pemateri Pak Tasliman seorang dosen senior Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember.

Acara kopdar bersifat terbuka dengan detail sebagai berikut :

  • Hari/Tanggal : Sabtu, 14 Desember 2019

  • Pukul : 09.00 WIB

  • Tempat : SMKN 2 Jember

Jika Anda berminat untuk bergabung dan mengalami keseruan kopdar KLJ ini, silakan Anda mendaftar terlebih dahulu di sini

Sekilas Tentang Pak Tasliman

Pak Tasliman merupakan dosen senior yang mengajar di program studi Teknik Pertanian. Dalam proses belajar mengajar, dosen eksentrik ini mewajibkan mahasiswanya untuk menggunakan LibreOffice dan mengumpulkan file berformat .odt dalam setiap tugas dan laporan yang diberikannya. Meskipun sering diprotes oleh mahasiswa yang baru mengenal dunia Linux dan open source, perlahan-lahan para mahasiswanya menikmati kenyamanan menggunakan perangkat lunak bersumber terbuka.

Yuk Kenalan sama Kelompok Linux Jember

Kelompok Linux Jember (KLJ) lahir dan terbentuk pada tanggal 27 Oktober 2019. KLJ lahir karena semangat menyebarkan penggunaan perangkat lunak bersumber terbuka yang telah terlebih dahulu menyebar di Malang (KLiM) dan Surabaya (KLAS). Para anggota KLJ mayoritas merupakan pelajar SMK dan mahasiswa Universitas Jember atau Politeknik Negeri Jember yang sudah lama menggunakan Linux di bidang pengembangan aplikasi. Sama seperti KLiM, diskusi KLJ diselenggarakan secara hangat di grup Telegram. Para anggota dapat bertanya dan berdiskusi langsung seputar penggunaan Linux dan perangkat lunak bersumber terbuka lainnya.


Kategori: Kegiatan,