Post-Image

Pesta Rilis LibreOffice di SMA Renjana Mulia Tuban

Sabtu, 04 September 2021 yang lalu, Komunitas LibreOffice Indonesia bekerjasama dengan SMA Renjana Mulia Jatirogo Tuban menggelar pesta rilis LibreOffice 7.2. Kegiatan ini terlaksana dengan lancar serta dilaksanakan dengan tetap mengindahkan prokes yang berlaku. Sekadar informasi, merujuk pada wiki agenda kegiata LibreOffice acara ini merupakan kegiatan LibreOffice yang digelar secara offline pertama di kawasan Asia!

Kegiatan dimulai sekiatar pukul 10.00 waktu setempat dengan sambutan ringan dari kepala SMA Renjana Mulia, Nurul Muflihin kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari tiga narasumber kondang dari Surabaya. Umam, narasumber pertama berbagi pengalaman tentang Komunitas Linux Arek Suroboyo (KLAS) serta pengalamannya menggunakan LibreOfice di lingkungan sekolah dan kantor. Aftian, narasumber kedua memberikan pemaparan tentang metode penulisan Arab Pegon dengan menggunakan LibreOffice. Untuk diketahu, SMA Renjana Mulia ini merupakan sekolah dengan latar belakangan pesantren modern, sehingga tak heran materi dari Aftian ini cukup banyak mendapatkan respons positif karena akan banyak membantu para siswa dalam menulis Arab Pegon di masa mendatang. Darian, narasumber ketiga pada kegiatan ini, berbagi tentang pengalamannya berkarier dengan LibreOffice dan Free Open Source Software (FOSS) pada umumnya. Selain itu, Darian juga memberikan pemaparan tentang hal-hal yang dapat para siswa lakukan untuk ikut serta berkontribusi ke dunia FOSS dan bagaimana memulainya.

Acara ditutup setelah sesi diskusi yang sangat intens antara para narasumber dan partisipan, baik dari siswa maupun pengajar di SMA Renjana Mulia. Di penghujung acara, Komunitas LibreOffice Indonesia dan SMA Renjana Mulia masing-masing memberikan kenang-kenangan. Kami memperoleh buku belajar Berbahasa Inggris karya salah satu pengajar di SMA Renjana Mulia sekaligus menyerahkan kenang-kanangan berupa Sepatu Fans edisi LibreOffice 7.2 dan buku Menulis Buku dengan LibreOffice karya Sokibi.

Antusiasme dari SMA Renjana Mulia untuk memperlajari LibreOffice dan menggunakannya dalam keseharian ini sangat luar biasa. Hal ini terbukti dengan adanya permintaan lokakarya pascakegiatan. Lokakarya ini diikuti oleh para siswa serta pengajar SMA Renjana Mulia. Lokakarya yang diampu oleh Sofyan Sugianto ini berfokus pada penggunaan LibreOffice untuk keperluan penulisan akademik. Lokakarya ini digelar pada sore hari dan ditutup dengan pemberian tugas kepada para siswa berupa pembuatan berita kegiatan hari ini.

Pesta Rilis dengan tema Mari Berkontribusi untuk LibreOffice di SMA Renjana Mulia ini semoga dapat menjadi insipirasi untuk sekolah-sekolah lain di seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu, semoga ke depan para siswa di Renjana Mulia dapat memberikan kontribusi yang keren untuk pengembangan LibreOffice di masa mendatang.


Kategori: Kegiatan,